YLKI: Tak Ada Alasan Harga Cabai Naik karena Cuaca

  • YLKI: Tak Ada Alasan Harga Cabai Naik karena Cuaca
  • YLKI: Tak Ada Alasan Harga Cabai Naik karena Cuaca
Ekonomi

JAKARTA - Pemerintah selalu beralasan bila kenaikan harga cabai dipicu karena faktor cuaca. Alasan itu pun menuai kecaman dari publik.

Ketua Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesi (YLKI) Tulus Abadi menilai, untuk negara sesubur Indonesia mestinya tidak ada faktor apapun yang menggangu produktifitas tanamnya. Seperti cabai, bila terjadi cuaca kurang baik, mestinya pemerintah cari antisipasinya seperti apa. Sebab lahan pertanian di Negeri ini sudah pasti subur.

"Kita kan negara subur, ironis kalau negara sesubur ini pertaniannya bergantung pada cuaca,"ujar Tulus dalam acara Redbons Discussions, di Kantor Okezone, Jakarta, Selasa (10/1/2017).

Tulus menambahkan, pemerintah wajib menata kembali sistem pertanian. Meski sudah bisa dikatakan baik, tetap mesti ditingkatkan. Sebab seperti kejadian harga cabai melonjak, pemerintah belum mengetahui cara antisipasinya.

"Kita harapkan pemerintah ada pendampingan pada petani. Tata pertanian harus diperbaiki, supaya pas panen harga tidak anjlok, dan harga bisa stabil,"tandasnya.




Warta Sejenis

memuat...

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!