Harganya Mahal, Konsumen Kurangi Pembelian Cabai

Placeholder
Ekonomi

CICALENGKA - Koko (55), pedagang cabai rawit di Pasar Sehat Sabilulungan, Cicalengka, Kabupaten Bandung mengaku jumlah pembeli Cabai saat ini masih sedikit. Sebabnya, harga bahan pokok tersebut relatif masih tinggi di angka Rp 100 ribu per kilogram (kg). Meskipun harga itu lebih rendah dari sebelumnya Rp 120 ribu per kg.

"Biasanya konsumen membeli cabai sekitar seperempat kilogram tapi sekarang jadi satu ons," ujarnya, Selasa (10/1).

Ia menuturkan, saat ini pasokan bahan pokok tersebut dari petani masih kurang. Namun, saat ini relatif sudah berjalan. Sementara itu, harga normal cabai rawit di pasar induk kawasan Cicalengka sekitar Rp 60 ribu per kg.

Di saat harga cabai masih mahal, Koko menyebutkan, harga tomat justru turun. Harga tomat saat ini sekitar Rp 2.000 per kg dari sebelumnya Rp 5.000. Biasanya, ia mengungkapkan pedagang di Pasar Sehat mendapat cabai dari pasar Caringin, Bandung.

Dirinya mengungkapkan bandar di Pasar Caringin sendiri mendapatkan pasokan sayur mayur dari petani di berbagai daerah seperti di Majalaya, Ciparay, Leuwiliang, hingga Garut. "Di sana (Caringin) kita beli kisaran Rp 95 ribu per kg. Kalau saat harga normal, kita beli Rp 48 ribu sampai Rp 55 ribu," ungkapnya.



Warta Sejenis

memuat...

Warta Populer

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!