• Berita Ekonomi
  • Bertemu PM Jepang, Jokowi Bakal Bahas Patimban Hingga Kereta Kencang

Bertemu PM Jepang, Jokowi Bakal Bahas Patimban Hingga Kereta Kencang

Placeholder
Ekonomi

Jakarta - Perdana Menteri Jepang Sinzho Abe akan berkunjung ke Indonesia pada 15 Januari 2017 mendatang, bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Pertemuan tersebut akan fokus pada sisi ekonomi, termasuk beberapa proyek strategis nasional.

Di antaranya adalah tentang proyek kereta kencang atau semi cepat Jakarta-Surabaya, pelabuhan Patimban, Masela dan pengembangan perikanan di pulau Natuna.

Demikianlah disampaikan Menko Maritim Luhut B Panjaitan usai rapat persiapan bersama para menteri dan Presiden Jokowi di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (11/1/2017).

"Seperti Patimban senilai Rp 42 triliun, juga kereta Jakarta-Surabaya dengan nilai yang juga besar dan Masela kita sudah menjalankan proses yang signifikan. Nilai proyek Masela mencapai US$ 16 miliar dan petrokimia sekitar US$ 9 miliar," ujarnya.

Luhut menyatakan Jepang sebagai pihak strategis dalam investasi. Pada 2016, Jepang menjadi negara kedua dengan nilai investasi terbesar di Indonesia dengan nilai US$ 4,5 miliar. Nilai perdagangan antara kedua negara juga cukup tinggi.

"Jepang menjadi kedua setelah Singapura, dan kalau kita melihat ukuran proyek untuk pembangkit listrik, maka sebanyak 48% adalah perusahaan dari Jepang," terang Luhut.

Selain PM Abe- ada setidaknya 30 CEO perusahaan besar dari Jepang yang akan datang ke Indonesia. Luhut melihat besarnya potensi pemerintah untuk menarik investasi. "Pemerintah sangat menyambut baik kedatangan PM Abe ke Indonesia," tandasnya.



Warta Sejenis

memuat...

Warta Populer

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!