2017, KCJ Tambah 400 Mesin Pembelian Tiket

  • 2017, KCJ Tambah 400 Mesin Pembelian Tiket
  • 2017, KCJ Tambah 400 Mesin Pembelian Tiket
Ekonomi

JAKARTA - PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) berencana menambah mesin layanan informasi dan transaksi tiket (vending machine) sebanyak 400 unit di stasiun-stasiun Jabodetabek pada tahun 2017.

Saat ini, KCJ telah menyediakan 50 vending machine yang tersebar di 13 stasiun kereta. Direktur Utama KCJ, Muhammad Nurul Fadhilah menerangkan, nantinya vending machine tiket mempunyai dua tipe.

Satu untuk pembelian tiket harian berjamin (THB), dan satu lagi untuk menambah (top up) saldo kartu multitrip.

Menurut dia, penambahan ini dilakukan untuk mengurangi atrean penumpang saat membeli tiket di loket stasiun. Namun, dia tidak bersedia menyebutkan besaran investasi yang dikeluarkan perusahaan untuk menyediakan vending machine tiket.

"Kami cukup puas dengan respon positif masyarakat dengan penggunaan vending machine ini. satu tahun kita ujicobakan sehingga di 2017 ini mungkin mulai Februari secara bertahap kami akan menambah 400 unit vending machine," ujar Fadhilah dalam press briefing, di Jakarta, Rabu (11/1/2017).

Fadhilah menuturkan, pihaknya akan terlebih dahulu melihat stasiun mana yang telah siap dari sisi tempat untuk penyediaan vending machine tersebut. Selain itu, pihaknya juga melihat dari sisi berapa banyak penumpang yang terdapat di stasiun.

KCJ mulai mengimplementasikan program fare adjustment atau menghilangkan denda pinalti terhadap penumpang. Artinya, saat penumpang yang menggunakan tiket harian berjaminan (THB) turun pada stasiun yang tidak sesuai dengan tiket itu akan dikenakan denda pinalti.

Namun, kini penumpang tidak akan dikenakan kena pinalti jika keluar stasiun yang tidak sesuai dengan transaksi tiket.

"Ini (fare adjusment) yang sebetulnya cukup lama kami siapkan, kami tidak mau asal melaunching sesuatu yang akan berdampak terhadap kesulitan masyarakat. Kami berharap 2017 kami sudah bisa mulai bertahap mengimplementasikan fare adjustment ini," tandasnya.

Sekadar informasi, KCJ merupakan salah satu anak perusaha di lingkungan PT Kereta Api Indonesia (Persero). Saat ini KCJ telah melayani 72 stasiun di wilayah Jabodetabek dengan Jangkauan rute mencapai 184,5 kilometer.

Penulis: Achmad Fauzi Editor: Bambang Priyo Jatmiko




Warta Sejenis

memuat...

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!